Monday, March 31, 2008

Belajar Ekonomi dari Tuhan

Beberapa bulan lalu, ada seorang MLMer yang presentasi di rumahku. Ada yang menarik, dari salah satu presentasinya. Yaitu ketika dia menjawab sendiri pertanyaannya, yaitu kenapa harga produknya sangat mahal. Dia bilang karena produknya memang berkualitas. Karena berkualitas, yang jelas harganya menjadi mahal.

At the least, dia meminjamkan buku. Judulnya lupa, tapi isinya merupakan biografi dari Matshusita (pendiri perusahaan elektronik terkemuka, Panasonic). Bukunya bagus. Banyak artikel-artikel yang bagus hingga distabilo oleh sang pemilik buku. Tapi ada satu kalimat yang bagus tidak distabilo. Yaitu cita-cita luhur Matshushita, yakni memproduksi sebanyak mungkin produk sehingga harga yang dijual kepada masyarakat bisa semurah mungkin. Ya, aku paham kenapa nggak ditabilo, karena bertentangan dengan prinsip mahalnya harga produk MLM perusahaannya.

Tapi pelajaran ini bukan dari Matshushita. Tapi dari Tuhan. Karena apa yang menjadi prinsip Matshushita dan Ford (yang menginspirasikan Matshushita dengan keinginan produksi massalnya) tapi adalah Tuhan.

Why with God? Karena Dia-lah yang pertamakali memproduksi sesuatu yang berkualitas dengan harga yang sangat murah bahkan gratis. Ya, Tuhan banyak memebrikan kita apa-apa yang berkualitas tapi gratis, dari udara yang kita hirup, air yang kita minum, makanan yang kita makan dan lain sebagainya. Tanpanya, kita tak bisa hidup, menunjukkan berkualitasnya apa yang diproduksi oleh Tuhan. Tapi kita seringkali tidak mau belajar dari Tuhan. Banyak produk buatan Tuhan sangat-sangat berkualitas tapi kita tidak perlu membayar. Bisa diterapkan pada kehidupan ekonomi manusia? Ah, ini hanya pelajaran dari Tuhan saja

No comments: