Tuesday, March 18, 2008

Merenungi "Kebenaran"

"Kebenaran itu senantiasa satu", itu quote yang saya suka, dari salah satu tokoh kartun favorit saya, Detective Conan.

Memahami kebenaran, memang agak sulit. Mungkin dari zaman awal manusia sampai akhir dunia nanti, manusia terus mencari nilai kebenaran. Namun, sayangnya, masih ada orang-orang yang merelatifkan makna kebenaran.

Padahal kalau kita bilang 1+1=2 itu adalah kebenaran matematika, tidak mungkin 1+1=3 disebut sebagai kebenaran matematika. Meski mungkin bidang lain selain matematika menyebut 1+1=3 itu benar, itu lain lagi.

Menurut saya, benar apa yang dikatakan oleh Conan tersebut yang saya kutip di atas. "Kebenaran itu senantiasa satu". Orang-orang yang merelatifkan kebenaran itu sendiri sebenarnya lepas dari pernyataannya itu sendiri, karena dia membenarkan pernyataan itu. Padahal kalau mereka konsisiten, apa yang mereka ungkapakn itu, kalau menurur mereka, akan menjadi relatif kebenarannya.

4 comments:

Anonymous said...

Kebenaran itu senantiasa satu? Bukannya tergantung bagaimana menghitungnya? Bisa dibuat jadi satu, dua, tiga, atau bahkan tak berhingga bukan?
Mengapa harus satu?

Anastasia Dwi said...

jadi...apa itu kebenaran????

Anonymous said...

teori aya : *teori kebenaran kubus*

kebenaran itu senantiasa satu, kita sebut saja kubus. kubus itu satu, namun mempunyai banyak sisi dan sudut dan titik sudut. kemudian tergantung darimana kita memandang kubus tersebut. karena kita kecil dan kubus besar, maka manusia hanya bisa melihat kubus dari satu sudut pandang saja.

maka daripada kita ngotot2an merasa paling benar, mengapa kita tidak menerima setiap kebenaran dengan membentuknya menjadi sebuah kubus??

kebenaran hanya Milik ALLAH,,, dan manusia hanya makhluk kecil yang dzalim dan bodoh...

Anonymous said...

how much do medical transcription make [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/huesos-sanos.htm]huesos sanos[/url] melissa etheridge breast cancer http://usadrugstoretoday.com/products/tegretol.htm
mullins sent to prison for drug possession [url=http://usadrugstoretoday.com/products/plendil.htm]plendil[/url] how do i know i have an anxiety disorder [url=http://usadrugstoretoday.com/products/revatio.htm ]diabetes signs and symptons [/url] linda joy mendelsohn medical office
japan regulatory body medical device [url=http://usadrugstoretoday.com/products/maxalt.htm]maxalt[/url] en health insurance language travel http://usadrugstoretoday.com/products/cok-n--energy-and-sensory-enhancer-.htm
heart rest [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/erektile-dysfunktion.htm]erektile dysfunktion[/url] kettering medical center dispensararies [url=http://usadrugstoretoday.com/products/rhinocort.htm ]virus and bacteria test [/url] smoking cessation humor