Friday, April 11, 2008

Iqro


Iqro! Bacalah! Itulah wahyu yang pertama kali turun dari Allah SWT kepada nabi mulia, Muhammad SAW. Secara maknawi, iqro berarti bacalah. Saya tidak tahu kenapa Allah SWT menggunakan perintah ini sebagai perintah pertama kepada sang nabi, tetapi mungkin ada banyak yang bisa kita dapatkan dari perintah membaca ini.

Ada ulama yang menyatakan perintah baca ini tidak hanya ditafsirkan sebagai membaca tulisan, tetapi juga membaca realita yang ada, membaca kehidupan di sekeliling dan darinya mendapatkan pelajaran dari Tuhan.

Apapun maknya, karena Tuhan sudah memilih kata ini, maka tugas membaca bagi manusia sangatlah penting bagi kehidupan manusia itu sendiri. Membaca, bisa berarti memindahkan apa yang tertulis di buku melalui indera penglihatan menuju otak kemudian informasi yang didapat diolah untuk digunakan lagi, sebagai pengetahuan, petunjuk, ataupun berbagai kegunaan lainnya. Seringkali membaca dijadikan indikasi kepandaiaan seseorang. Hal yang tak salah, mengingat dengan membaca, orang bisa menjadi lebih pintar. Tapi, bagi saya, yang lebih berarti adalah dengan membaca, kemampuan kita bisa lebih baik. Karena, banyak ilmu yang dari membaca bisa kita dapatkan, diolah menjadi kemampuan dalam menghadapi hidup. So, mari banyak membaca.

Iqro, bacalah dengan nama Tuhanmu! Selamat membaca!

1 comment:

Anonymous said...

awal yang baik