Wednesday, August 13, 2008

Salah Satu Kelemahan GMail

Tidak ada yang sempurna. Frase seperti ini memang harus kita ingat terus, untuk tidak menjadi sombong akan kelebihan kita. Tak hanya untuk manusia semata, kalimat tersebut berlaku juga untuk produk buatan manusia.

GMail. Webmail yang banyak direferensikan sebagai salah stau webmail terbaik juga memiliki kelemahan. Yang agak sulit, adalah ketika kelemahan yang didapat justru merupakan kelemahan yang cukup merugikan. Kalau sekedar penampilan, mungkin tidak terlalu merugikan, tetapi apabila tidak bis amenggunakan file attachment yang terkirim, tentu saja hal tersebut sangat merugikan.

Inilah yang dialami. Sebuah email ber-attachment yang dikirim dari sebuah akun Yahoo! ke sebiaha akun Yahoo! dan GMail. Attachment yang dimiliki adalah sebauh file dengan nama yang agak panjang. Ternyata GMail tidak mampu menyajikan nama file tersebut dengan lengkap, memotong nama file bahkan menghilangkan ekstensi file. Sehingga setelah attachment file didownload, tidak bisa dibuka karena Windows tidak dapat mengenal file tak berekstensi tersebut.



Bandingkan dengan akun Yahoo! yang menerima email yang sama dibawah ini:



Akun Yahoo! masih bisa menyertakan nama file dengan lengkap, juga setelah didownload, file attachment masih bisa digunakan.

Tulisan ini bukan untuk menjelek-jelekkan GMail. Saya tetaplah salah stau pengguna GMail. Ada beberapa kelebihan GMail, dibandingkan Yahoo! maupun webmail lainnya yang menurut saya sudah luar biasa, Tapi mungkin, memnag yang perlu dingat adalah, tidak ada yang sempurna. Yang Sempurna hanyalah Tuhan.

No comments: